Minggu, 11 Desember 2011

SOAL KOMPETISI MATEMATIKA PASIAD VIII SE-INDONESIA TINGKAT SMP TAHUN 2011

Pada tanggal 11 Desember 2011 dilaksanakan Babak Penyisihan "KOMPETISI MATEMATIKA PASIAD VIII SE-INDONESIA TINGKAT SMP TAHUN 2011". Ajang kompetisi/olimpiade ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun 2011 ini diselenggarakan di gedung FMIPA Unibraw sebagai panitia rayon Malang raya. Setelah penulis cermati sebagian besar soal berkategori aljabar. Berikut soal-soalnya:
Nomer 1:

Sebuah bujursangkar dilipat 2 kali sedemikian seperti ilustrasi di bawah ini. Jika hasil lipatan dipotong seperti ilustrasi, berapakah jumlah potongan yang dihasilkan? 
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
Nomer 2:

ABCD adalah sebuah bujursangkar, keliling bagian dalamnya adalah 40 cm. Berapakah luas keseluruhan bujursangkar ABCD?
a. 400
b. 200
c. 160
d. 100


Untuk soal-soal yang lengkap silahkan diunduh pada link berikut
Soal Kompetisi Matematika Pasiad VIII tingkat SMP tahun 2011(Penyisihan)
Penulis merencanakan Insya Allah dalam waktu dekat akan membahas penyelesaian soal Pasiad VIII tingkat SMP(Penyisihan) tersebut. Tunggu Ya...
Mudah-mudahan bermanfaat.

4 komentar:

TITIN RUSTINI mengatakan...

terima kasih share-nya....
selamat bertemu kembali di dunia maya....

Jack Zain mengatakan...

soal nya susah.... haha :D

Unknown mengatakan...

pak... aku pas saya sedang mengikuti babak penyisihan lomba ini... tetapi kok kenapa ya soal nomor 1 yang pas saya download pembahasannya kok nomor 1 jawabannya 9 lipatan? tolong dijelaskan pak ya.... trims

Saiful Arif, M.Pd mengatakan...

Silahkan dipraktekkkan dengan menggunting kertas lipatan sesungguhnya. Semua dah saya bahas pada PEMBAHASAN SOAL PENYISIHAN KOMPETISI MATEMATIKA PASIAD VIII SE-INDONESIA TINGKAT SMP TAHUN 2011. Lihat daftar isi.