Kamis, 14 Juli 2011

DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL-SOAL OSN MATEMATIKA SMP (Versi Penulis)

Bagi pembaca yang berminat tentang pembahasan soal-soal Olimpiade Sains Nasional Matematika tingkat SMP silahkan bisa mendownload file (format pdf) berikut :
  • Pembahasan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SMP tingkat Kabupaten/ Kota Tahun 2011
  • Pembahasan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SMP tingkat Propinsi Tahun 2011
  • Pembahasan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SMP tingkat Nasional Tahun 2011(UPDATE 12 Agustus 2011)
Pembahasan soal tersebut adalah pekerjaan penulis sendiri yang masih banyak keterbatasan dalam ilmu matematika. Untuk itu saran, kritik, dan komentar sangat diharapkan sebagai umpan balik perbaikan selanjutnya.

23 komentar:

Hari Ini mengatakan...

maksih mas izin download ya. .

Steadfast Sains mengatakan...

makasih banyak y pak atas penjelasanya dan izin downloadnya
moga senantiasa bermanfaat

yudhimath mengatakan...

terima kasih banyak pak....semoga bermanfaat bagi penerus bangsa

Penyu_kamat mengatakan...

Saya sangat kagum dengan Pak Saiful yang mau berbagi ilmu tanpa memungut biaya sedikitpun. Allah pasti akan memberi imbalan yang sangat pantas untuk Pak Saiful. Terima kasih Pak atas solusi soal-soal olimpiade dan Pasiad yang Bapak bagikan.

Saiful Arif,S.Pd mengatakan...

Amin atas doanya. Ilmu itu hakekatnya milik Allah, kita hanya dititipi secuil saja. Jika kita mau berbagi ke satu orang saja maka kita sebenarnya mendapat 2 ilmu dari 2 pikiran orang yang berbeda. Sudah terbukti dari blog ini tulisan saya makin saya sempurnakan krn komentar yang membangun.

Virani Dhini Ramadhan mengatakan...

pak ..mau tanya ..
arti tanda ! dalam olymp math itu , (mis: 2!, 3!) itu apa ya ... mohon penjelasannya :)

Saiful Arif,S.Pd mengatakan...

n! dibaca n faktorial,artinya :
n!= nx(n-1)x(n-2)x(n-3)x....x3x2x1
2!= 2x1=2
3!=3x2x1=6
4!=4x3x2x1=24
5!=5x4!=5x24=120

fajarzega mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
fajarzega mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
chazz mengatakan...

terima kasih. . . .

iqbal t - blog's mengatakan...

kalo yang 2008 ga ada pak ?

asistia punya mengatakan...

Izin Download,,,
Terimakasih Ya Pak,,,
Mau Tnya,, Rumus luas minimum dan maksimum gimana??

FORUM BELAJAR MATEMATIKA mengatakan...

Trim's, Pak Saiful memang hebat, saya coba terapkan disekolah kami.

Rusman Spd mengatakan...

saya ucapkan terima kasih banyak y pak ?

kl ada masalah, dlm penyelesaian soaL tsb diatas bs ditanyakan pa ga ya ?!

Penyu_kamat mengatakan...

Pak Saiful, ribuan orang sedang menunggu solusi soal OSN SMP Tk. Kabupaten th 2012. Semoga Pak Saiful tidak bosan membuatnya. Kami tunggu pemikiran cemerlang dari Bapak. Terima kasih sebelumnya.

Jul Astri mengatakan...

thanks.. mudh2n rejeki bapak bertambah

alzim umam mengatakan...

maaf pak,koq ngga ada linknya? kalau bapak berkenan tolong file_file diatas dikirimkan ke surel alzimoemam@yahoo.com. terimakasih sebelumnya.

Blog Muhassinah 9_A mengatakan...

pak mohon maaf sebelumnya, saya mau minta link di atas tpi kog g bsa. klo bleh sya mw mnta dtax dkirim di email ini: "lee.asmin@ymail.com". terima kasih atas bantuannya...

audri prisca mengatakan...

pak mohon maaf sebelumnya, klo bleh sya mw mnta ditag dkirim ke email ini: "pramzjrockstar@yahoo.com". terima kasih atas bantuannya :)

Smart Hooligans 1932 mengatakan...

maaf pak,koq ngga ada linknya? kalau bapak berkenan tolong file_file diatas dikirimkan ke maesojenar86@gmail.com. terimakasih sebelumnya.

maswaie mengatakan...

moga aja lebih mantap

budy shi mengatakan...

maaf neh pa yaa,koq ngga ada linknya? kalau bapak berkenan tolong file_file diatas dikirimkan ke budyshi@gmail.com..saya sangat membutuhkan bantuan anda.. terimakasih sebelumnya.

raden mengatakan...

Izin download Pak.... Suwun