Sabtu, 06 Oktober 2012

LAGI-LAGI BELAJAR-UKG-BELAJAR-UKG-BELAJAR

           Ketika penulis memeriksa postingan terakhir, baru tersadar bahwa sudah beberapa bulan ini tidak melakukan postingan baru. Tidak lain karena alasan klasik, kesibukan yang cukup padat. Kronologisnya seperti ini.
  1. Akhir tahun ajaran 2011/2012 Dinas  Pendidikan Kota Malang melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru-guru mata pelajaran yang diujinasionalkan. Tujuannya adalah untuk pemetaan dan penataan guru-guru RSBI atau SBI. Materi soal yang diujikan meliputi: menyelesaikan soal-soal mata pelajaran (untuk matematika tipe soalnya olimpiade) dan menyusun RPP dimana bagian materi harus ditulis dalam Bahasa Inggris. Entah penulis mendapatkan nilai berapa. Yang jelas menurut Dinas pendidikan berdasarkan hasil UKG ini, penulis dialihtugaskan (mutasi) dari SMPN 2 Malang ke SMPN 5 Malang (RSBI). Berat rasanya meninggalkan SMPN 2 Malang, karena disamping sudah 14 tahun sejak awal menjadi PNS penulis mengabdi, penulis juga merupakan alumni di sekolah ini. Mudah-mudahan di tempat yang baru penulis dapat melaksanakan tugas dengan baik, dan selalu mendapat ridho dari Allah, SWT.
  2. Di akhir Masa pengabdian di SMP Negeri 2 Malang, penulis mendapat amanah menjadi sekretaris Panitia Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) Tahun ajaran 2012/2013 yang dilaksanakan pada masa liburan kenaikan kelas. Penanganan PPDB tahun ini luar biasa berat, menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran dibanding tahun-tahun sebelumnya terutama PPDB jalur mandiri. Walaupun demikian Alhamdulillah segala kendala yang ada dapat kami atasi dengan baik.
  3. Mulai bulan Juli penulis sudah resmi menjadi guru di SMP Negeri 5 Malang. Mau tidak mau penulis harus banyak belajar karena diharapkan pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris. Sementara ini penulis baru sebatas menggunakan perangkat pembelajaran, buku teks dan media pembelajaran berbahasa Inggris. Alhamdulillah penulis dibantu salah satu guru pendamping untuk pembelajaran berbahasa Inggris.
  4. Pada bulan Juli s/d Agustus 2012 Kemdiknas mengadakan Uji Kompetensi Guru (UKG) Online. Untuk tingkat SMP di Kota Malang penulis mendapat giliran terakhir yaitu tanggal 2 Agustus 2012 Pukul 14.00. Tetapi faktanya penulis mendapat giliran pertama karena UKG Online untuk Matematika SMP yang dilaksanakan pada hari-hari sebelumnya gagal. Alhamdulillah penulis dinyatakan lulus (nilai 76) walaupun agak kecewa karena ada +12 soal yang gambarnya tidak muncul, padahal beberapa soal diantaranya penulis yakin bisa mengerjakannya.
  5. Pada tanggal 7 September 2012 penulis mewakili guru matematika SMPN 5 Malang  mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi S-2 Pendidikan Matematika kerjasama Dinas Pendidikan Kota Malang (beasiswa APBD). Alhamdulillah dari 46 peserta yang diterima 20 orang. Menurut pengumuman penulis menempati urutan ke-5. Adapun materi yang diujikan meliputi: Tes Potensi Akademik (TPA), Menerjemahkan materi matematika berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, dan Tes kemampuan matematika. Aktivitas perkuliahan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu sejak tanggal 29 September 2012.
  6. Pada tanggal 20 September 2012 Alhamdulillah penulis bersama Drs. Teguh Edy Purwanta (Ketua MGMP Matematika SMP Kota Malang) mendapat tugas untuk mensosialisasikan dan menjadi pendamping dalam pelatihan software matematika Fx Draw untuk teman MGMP Matematika SMP Kota Blitar. Kegiatan bertempat di SMPN 9 Blitar. Semoga teman-teman bisa memanfaatkan hasil pelatihan tersebut. 
  7. Pada tanggal 27 September 2012 sekali lagi penulis mendapat kesempatan mengikuti Tes Kemampuan Matematika untuk calon peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Matematika dengan pembimbing Prof. Yohannes Surya, Ph.D. Alhamdulillah kali inipun penulis lolos lagi. Materi tes meliputi mengerjakan soal setingkat ujian nasional, beberapa soal olimpiade dan pembuktian matematika. Kegiatan Bimtek rencananya dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 13 Oktober 2012.
           Tulisan ini hanya merupakan keinginan penulis untuk berbagi pengalaman dengan pembaca. Untuk menjadi guru yang profesional tidaklah mudah. Kita dituntut untuk selalu belajar dan mengupdate pengetahuan kita. Kita harus selalu siap untuk diuji kompetensi kita. Semua ini tidak lepas dari tugas mulia guru yaitu mencerdaskan anak didik bangsa dengan budi pekerti yang luhur (Akhlaqul Karimah). Akhirnya penulis selalu bersyukur dengan semua kenikmatan ini. La Haula Wala Quwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Adhim (Tiada daya dan kekuatan melainkan karena Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung). Mudah-mudahan ini menjadikan penulis semakin dekat pada Yang maha Kuasa. Amin.

Tidak ada komentar: