Sabtu, 06 Agustus 2011

Soal OSN SMP Bidang Matematika Tingkat Nasional Tahun 2011

Kali ini penulis akan memposting Soal OSN SMP Bidang Matematika  Tingkat Nasional Tahun 2011. Soal ini penulis ketik ulang guna melengkapi khazanah soal-soal OSN postingan sebelumnya. Adapun Soal Asli saya peroleh dari Ibu Linawati (Bontang) yang mendapatkan kesempatan mendampingi siswanya pada event tersebut. Terima kasih Bu lina.

Silahkan klik link unduhan berikut :
Soal OSN SMP Bidang Matematika 2011 Tingkat Nasional (revisi 11 Agustus 2011)
Mudah-mudahan tidak terjadi salah ketik.

6 komentar:

yusuf blog mengatakan...

Assalamu alaikum.
Mohon maaf lahir dan bathin. Selamat berpuasa Pak.
Terima kasih atas soalnya Pak dan Soalnya sudah saya download. Bahkan untuk yang nomor satu sudah saya coba bahas di blog saya, Mohon dikoreksi ya pak.
Ada satu kebingungan saya pak, Dalam file yang bapak sampaikan untuk soal nomor 2 ada definisi nilai mutlak sebagai berikut :
|x| = x, jika x >= 0 dan |x| = -x, jika x < 0
Apa itu memang seperti itu soalnya pak, soalnya penyelesaiannya akan menjadi tidak berhingga banyaknya. Mohon maaf jika saya salah
Wassalamu alaikum

Saiful Arif,S.Pd mengatakan...

Sama2 Pak. Mohon maaf lahir dan bathin juga. Selamat menjlnkan ibadah puasa. Memang sperti itu Pak. |x| = x, jika x >= 0 dan |x| = -x, jika x < 0. Contoh :|5|=5,|-6|=-(-6)=6, |0|= 0.Salah satu strategi yg bisa dipakai unt menemukan(x,y) dg mendaftar. Misalnya (1,49),(-1,49),(1,-49),(-1,49) dst s/d (49,1),(-49,1),(49,-1),(-49,-1). Untuk yang memuat angka 0 perlu ditulis dlm kasus tersendiri. Saya menemukan ada 5101 pasangan (x,y) yang memenuhi.

baktiolimpiade mengatakan...

Soal nomor 1 seharusnya kan bilangan bulat positif bukan bilangan positif ?

Saiful Arif,S.Pd mengatakan...

Makasih pemberitahuannya. Ntar saya ganti

Fauzhia Annieza Faridha mengatakan...

tingkat SMA ngga ada ya pak ??

Saiful Arif,S.Pd mengatakan...

Klo mau tingkat SMA, lihat di blog sahabat-sahabat saya Mas Tutur atau Pak Eddy Hermanto. Klik aja link di bagian atas blog ini.